Senin, 24 Mei 2010

Cerita Mop ( Cerita lucu ala Papua )

BERAK PAGAR

Pace 1 dia pi makan nasi campur di warung trus krna dia lihat macam sayur yg dong kasih itu model baru, jd pace dia tanya penjual “ini sayur apa kah?” mbah ko jwb “itu sayur rebung”….
pace kaget “booo sayur macam apa ini”….. mbah ko jawab “itu sayur bambu muda…”
trus besoknya pace dia pi makan lagi di warung itu, menu yang sama tp dia lihat sayurnya macam lain lagi kah..jadi pace tanya “sekarang ini sayur apa lagi???” mbah jawab “ooo… itu sayur paku”
pace dia kaget baru beteriak ” neeeeeeeee…. kemarin ko ksh makan sa bambu sekarang ko ksh sa makan paku, sabantar ini sa berak pagar kapa…!!!”"”

BIBI

Ibu guru suruh tulis kalimat dengan kata BIBI!
Wati : Bibi Pergi ke pasar
Erick : Bibi Memasak sayur
Noge karena tra tau BIBI itu artinya apa, de langsung tembak. .
“Ikan PoroBIBI”

YG SU JATUH JANGAN DIAMBIL LAGI
Tete deng nene ikut penyuluhan kesehatan… dokter bilang barang yang sudah jatuh itu kotor jangan di ambil karena tidak baik untuk kesehatan…
pas pulang penyuluhan, tete jalan sambil makan pinang….. tapi pu pinang lompat dari mulut jatuh ke tanah… pas tete mo tunduk ambil nene bilang : “ingat yang sudah jatuh itu kotor jangan di ambil”.
tete tahan emosi saja…
dong 2 jalan sampe pas mo masuk di rumah .. begini nene ko jatuh di depan pintu… jadi nene batariak minta tolong : tete tolong dolo ka..
tete balas nene : yang sudah jatuh itu kotor… tidak boleh di ambil…. jadi kalo ko mo mati…. mati situ sudah…….


Pace Wamena dan Anak Biak 1

Pace Wamena de ke Jawa trus de pergi makan di warung baru ada mas satu tanya dia.

Mas Jawa : “Permisi… mas dari mana?”
Pace Wamena : “Oh… saya dari Papua…”
Mas Jawa : “Papuanya di kota mana?”
Pace Wamena: “Wamena.”
Mas Jawa : “Katanya orang Wamena pake koteka?”
Pace Wamena : “Iyo… betul..”
Mas Jawa: “Trus ambil kotekanya dari mana?”
Pace Wamena: “Kami kalu ambil koteka ‘tu jauh skali… naik turun gunung…”
Mas Jawa: “Wah.. jauh skali”. langsung Mas Jawa bilang lagi, “Kalu pake daun pisang aja gimana ?”
Pace Wamena: “Hahh….Ko kira ini lontong ka?”

Pace Wamena dan Anak Biak 2

Ada satu Pace Wamena mati. Jadi malaikat Tuhan bawa dia m’hadap Tuhan. Tuhan suruh bawa dia ketengah2 antara surga dan neraka untuk penempatan. Lalu pace ni tanya, ” Tuhan, taya mpuna ntempat ndimana ?” Tuhan tunjuk di “neraka !”. Pace langsung balutut di kaki Tuhan dan bilang ” Addoooh ntrima kaci mbapa…ndi Wamna dingin yadi….traa papa sudah taya di titu taja….”

[note : ciri khas orang wamena itu kalau baca huruf 'S dilafalkan seperti huruf 'T'....saya dibaca "taya", taksi dibaca "saksi", situ dibaca "titu".....]

Pace Wamena dan Anak Biak 3

Pace dari Wamena ada beli coca-cola di Saga, Jayapura. Setelah keluar dari toko, tu pace baru sadar ada yang kurang….dia lalu balik ke toko Saga dan pergi temui ibu pramuniaga.

“Imbu….ta lupa catu…”
“Ahhh, ko lupa apaaa ???”
Sambil menunjuk coca-cola yang baru tu pace beli, “ndia pu mpenarikan…”

Setelah terdiam, baru si ibu tersadar…..sedotan rupanya !

Pace Wamena dan Anak Biak 4

Satu anak Biak tanya bapaknya, ” Bapa, kenapa matahari cuma ada satu kaah ?’
Dia pu bapa trus jawab. ” aaah,….matahari cuma satu saja ko su hitam angus begini….apalagi kalau ada dua….ko bagaimana ?!”

MOP : KIRIM SURAT TARA TAU BALAS

Obed, dorang murid SMP yang terkenal nakal, ditegur oleh Ibu Gurunya.
Ibu Guru : " Obed, ee kenapa kalamarin ko tara pi masuk skolah ?"
Obed : " Sa ada sakit, bu Guru !"
Ibu Guru : " Ah ..... kenapa ko tara kirim surat ?"
Obed : " Parcuma saja ! bu Guru tara tau balas...?????"
Ibu Guru : " Terdiam ....... melongo ..... hah "

MOP : SAPA PU BAPA YANG PALING CEPAT ?

Ada tiga orang anak kecil mho, dorang pu nama
Obed, Markus deng Pilemon. Dorang tiga lagi baku debat
tentang sapa pu Bapa yang paling cepat.

Markus : "Sa pu Bapa sudah paling cepat .
Bapa atlit panah toooo, jadi setelah Bapa de lepas itu
panah. Bapa lari dan bisa sampae lebeh dolo dari pada itu
panah. Bagemana, mantap tooo sa pu Bapa ..??"

Pilemon : "Ahh, itu su biasa kawan, coba ko
dengar ini !! Sa pu Bapa nih seorang pemburu. Setelah Bapa
tembakkan Bapa pu peluru, Bapa de lari dan bisa sampae
dolo dari pada itu peluru. Mamaeee..itu sa pu Bapa de pu cepat saja,
bagaimana coba ?"

Obed : "Alahhhhh. sudah, ko dua pu Bapa maseh
kalah cepat deng sa pu Bapa. Sa pu Bapa nih seorang
pegawai tooo. Sa pu Bapa nih pung kantor pulang pukul 5
sore, tetapi de su sampe rumah nih pukul 4. Cepat
tooo...!!?"

Markus dengan Pilemon baku liat:" Iyooo ko Obed, ko pu Bapa paling cepat yoooo .... Cukarbeleng !!!

MOP : KUCING DAN KANGKUNG

Anak 3 anak kecil, dong crita soal sayur kangkung di dong pu kampung masing-masing.

Anak 1 : "Di sa pu kampung tuh, kangkung besar-besar skali, kalop masak beberapa batang saja, pasti makan sampe kenyang,"

Anak 2 : " Ah, itu kurang, di sa pu kampung, sayur kangkung tuh tikus bisa masuk di dalam," Anak 1 dan 3 heran skali.

Giliran anak ke 3, dia tra mau kalah. Anak 3 : "Kalo di sa pu kampung, tikus tra bisa masuk dalam kangkung,"

Anak 1 dan 2 : "Ah, itu tra hebat, pasti kangkungnya kecil-kecil too,"
Anak 3: "Sabar dulu, kam tau kenapa tikus tra bisa masuk?" Dong dua diam. Trus anak ke 3 lanjut:

"Itu karena di sa pu kampung tuh, dalam kangkung ada kucing,"

MOP : KO MATI SANA !

Su 2 hari Tete masuk Rumah Sakit kena demam. Sekarang Tete su sehat.
Dokter bilang Tete su boleh minum kopi.
Tete minta kopi sama Suster, "Suster, bolehkah sa minta kopi satu cangkir?"
"O, boleh Bapa. Tunggu sebentar e," kata Suster.
Tra lama Suster balik sambil kasih de pu kopi ke Tete,
"Ini Bapa kopinya."
"Trimakasih e," jawab Tete meringis kepanasan.
Tete ambil obat, trus Tete tetesi ke dalam kopi.
Suster mara, "Bapa, ko kasi apakah ko pu kopi?!"
"O, Suster," jawab Tete. "
Ko kasih sa kopi panas, jadi sa kasih obat penurun panas toh..?!"
Suster ngeloyor pergi sambil ngomel, "Ko mati sana..."

KO TRA DA OTAK KA?

Pace Obed sakit gigi. Di ujung jalan tukang dageng teriak-2, "Dageeeng...! Dageeeng...!"
Pace kesal tapi tra bisa apa-2.
"Dageeeng...!" Tukang daging su dekat.
Pace keluar rumah kasi panggil tukang dageng, "Ooi..!"
Tukang dageng kasi dekat.
Sambil meringis kesal pegang de pu pipi Pace bilang, "Ko tra punya otak kah?!"
"Tra ada Bapa... Kalo daging, tetelan, sa bawa ini..," jawab tukang dageng.
"Oooi, ko mau ini kah..!!" Pace keluar rumah sambil kepal tangan ke atas.
Tukang dageng kasi lari.

SURATNISASI

Pace 1 kuliah di jawa, trus dia tulis surat buap dia pu bapa dong di kampung :
Bapak, mengingat karna uang ADMINISTRASI serta uang SEMESTERNISASI yang
meningkat & uang PACARANISASI yg smakin bertambah, maka uang TRANSFERISASI
bulan ini tolong dinaikkan.

trus surat tiba di kampung & pytua ko baca, langsung dia balas :
Anak, mengingat karna hasil KEBUNISASI & PANENISASI yg berkurang,
maka sebaiknya anak ko pulang dulu untuk MENCANGKULISASI di KEBUNISASI
supaya bisa bayar ko pu PERMINTAANISASI, kalo trada nanti PARANGNISASI
menyusul kesitu.

JALAN KE SURGA

jadi.. hari minggu pagi, pendeta dari kota de khotbah di salah greja di kampung.
dalam de pu khotbah, pace pendeta dia kasih ilustrasi tentang kerajaan sorga.
Pendeta bilang begini: ” Jemaat skalian, jalan ke surga itu tidak mudah.. jalanya berliku-liku dan penuh lubang dan batu-batu tajam…”
pendeta blom selesai bicara, paitua satu su badiri dari bangku blakang trus bicara:” Sooo, bapa pandeta… baru… derma yang kitong kumpul tiap munggu itu utk apa? kam tra pake bikin bae jalan itu kah? ..”

DOA BAPA KAMI (gaya manado)


Torang pe Papa dalam surga. Mulia jo Ngana pe nama.
Kamari jo Ngana pe kerajaan. Jadi dang Ngana pe mau,
di torang pe tampa, sama deng di Ngana pe tampa tinggal.
Ampuni jo torang pe salah, sama deng torang so ampuni torang pe tamang pe salah.
Kong jang kasih masuk torang dalam cobaan, karna torang so bisa masuk sandiri no.
Amen.

PETI MATI

Pace wamena 1 meninggal, lalu dia pu teman pi di t4 penjualan peti mati.
Sampe di sana, pace dia bingung karna harga peti semua diatas 1jt.
dia tanya penjual peti..trada peti yg dibawah 1jt kah???
Penjualx jawab : ada…yg 400rb, tapi kaki dan kepala diluar…

MAKAN PINANG

pace ambai satu de bilang..di serui cara makan pinang tuh pake pola 3.2.1. artinya 3 buah pinang dimakan duluan trus 2 buah sirih baru satu sendok kapur terakhir.

napi bilang lagi : di biak tuh tabale tong makan pake pola 1.2.3, artinya 1 daun sirih duluan baru makan 2 kapur tulis, trus 3 hok pinang laste.

pace wamena tra mau kalah baru ja bilang : di wamena tuh makan pake pola 3.1.2, artinya makan 3 senduk kapur duluan, 1 jam kemudian baru makan daun sirih, trus 3 hari lagi baru makan pinang.

ambai deng napi tadi langsung dong tanya…kenapa lama skali makan pinang?
pace wamena de jawab : tunggu mulut sembuh toh..karna tabakar ja makan kapur 3 senduk.!!

HENING

Pace sumbing 1 dia mo ikut kontes Bintang Papua TOP TV.
Jadi juri dong tanya dia…ko mo manyanyi lagu apakah??
pace bilang : lagu HENING

Pembawa acara : Baiklah. . mari kita saksikan bersama-sama penampilan dari peserta brikut dengan lagunya HENING!!!!

karena judul lagux HENING jadi penonton lagi dong bikin suasana sunyi kaya di kuburan . . baru tra lama pace ko tarik suara. . .

“Hening.. Helaha..Habu..Hamis…. . Humat Habtu Minggu… Hitu Hama2 Hayiii. . . “
Pace Tanya Rumah Sakit

Suatu ketika, ada seorang pace sedang jalan-jalan di sore hari. Lalu ia bertemu dengan satu orang yang tak dikenalnya sebut saja pace 2.

Pace 2 : pace ko tau hotel anggrek kah?
Pace : Ikuti jalan ini saja, baru sampe diujung jalan sana itu sudah hotelnya.

Pace 2 mengangguk tanda mengerti. kemudian si pace ini mau melangkah, pace 2 tanya lagi.

Pace 2 : baru kalo pasar dimana?
Pace : ko lewat jalan disamping ini terus, baru belok kanan.

setelah itu pace mau melanjutkan perjalanannya tapi pace 2 tanya lagi, kalo rumah sakit dimana?. Pace ganas dan dia bilang, “ko berdiri di garis putih hitam ini (zebra cross), trus tunggu mobil tabrak kau, itu baru ko tau rumah sakit dimana”.

OBED Terlambat

Karena sering terlambat masuk kantor, Obed pu bos su tra tahan deng Obed pu klakuan. Suatu hari, Obed terlambat masuk kantor lagi, Obed pu bos langsung panggil dia.

Bos:''Obed, ko nih masih niat kerja kah tidak?''
Obed:''masih niat pak."
Bos:"Trus, apa ko tra punya cara supaya tidak terlambat masuk kantor lagi?"
Obed:"Sebenarnya sa su punya cara , tapi belum tentu bapak setuju."
Bos:''Cara bagaimana yang ko maksud?"
Obed:''Begini pak! Mulai besok, jam kantor dimulai setelah sa datang, dengan begitu sa tra akan terlambat lagi tooo!!''
Bos:''Mending ko cuci ko pu otak sana.. sekali lagi ko terlambat, ko dipecat!''

Obed pu kaki langsung kram!

Pace Takut Suntik

PACE satu dia ke dokter di puskesmas mau berobat. Setelah diperiksa, dokter kasi saran supaya pace di suntik saja. Masalahnya, pace nih paling takut deng suntik.

Pace: "Dokter, sa izin sebentar keluar dulu ee.."

Dokter su curiga, pasti pace mo pergi dan tra suntik. "Tra bisa, pace ! Ko harus suntik dulu, harus !!! Setelah itu baru ko bisa pergi,"

Pace: "Iyo sa tau, tapi sa pigi sebentar saja ke kios sebelah, nanti sa balik",

Akhirnya dokter mengalah. Untuk kasi hilang itu rasa takut suntik, pace ke kios dan beli wisky satu botol, trus pace minum sendiri. Maksudnya supaya pace agak berani, tapi parahnya, pace minum terlalu vol jadi akhirnya pace mabuk berat.

Pace balik ke puskesmas dan banting pintu sambil ba-teriak:

"Sa mo tanya!! Siapa yang tadi mau suntik saya eee !! Hehhh......!!! Jawab !!! Siapa yang tadi jago-jago mo suntik saya eee ??!!"

Dokter, suster dan pasien smua langsung gementar dan kipas lewat pintu blakang...

2 komentar:

  1. rtyer eryw er5y serthy serty terysery w54eyaqy4t6qa 3y5es way srth srthys rthy srtyserwyserty srthy

    BalasHapus